Fungsi Blog Untuk Sebagian Orang

Menulis
Blog mungkin sudah tidak asing lagi di telinga siapapun. Meskipun nama Blog ini tidak setinggi nama Presiden, namun peranan Blog ini juga penting untuk sebagian orang, baik untuk pembaca, maupun penulis.

Kita bisa lihat di salah satu Search Engine, contohnya Google, disana banyak sekali Blog yang ter Index oleh Google, ada juta’an, bahkan Milyaran. Terbukti, bahwa Google hanyalah sebuah Search Engine, bukan dukun atau sebagainya. Saya kadang pernah mendengar sebutan “Mbah Google.” Ya bolehlah, tapi saya ingatkan sekali lagi, Google hanya lah sebuah Search Engine. Jadi sistemnya begini; Google mengumpulkan banyak situs yang didominasi mampu mengisi Search Engine nya, dalam arti Google Meng-Indeks situs yang kadang Google sendiri yang meng-Indeks, kadang yang punya Blog yang meng-Indeks. Nah, selepas dari acara Indeks-Indeks-an, beberapa saat kemudian ada pengunjung Google mengunjungi Google ingin mencari sesuatu, diketiklah disana “kata kuncinya” lalu muncul beberapa Blog, nah disana biarkan pengunjung yang memilih, Blog mana yang ingin dia kunjungi.

[+] Nge-Blog Untuk Menghasilkan Uang
Saya pernah Berpikir, bahwa hidup ini tidak pernah jauh dari lingkungan tempat tinggal kita. Suatu ketika, saya pernah berpikir, “Bagaimana saya bisa mendapatkan penghasilan dari Blog.?” Nah, dari pertanyaan tersebut, saya sempat berpikir. “Gimanaaa caraannyaa.??” Wah, pertanyaan lagi. Sampai akhirnya saya menemukan filosofi:

“Jadikan Blog sebagai hobi, bukan sebagai ladang pemasukan. Nge-Blog itu harus seperti acara Televisi. Memberikan kualitas yang baik, bagus dan bermanfaat. Setelah itu kita tunggu saja orang yang datang untuk memberi kita uang, dalam artian orang ingin meng-iklankan Produksinya di acara Televisi tersebut. Sama halnya dengan Blog, kita bangun Blog kita sebagus mungkin, sehingga menarik minat pembacanya. Dan ketika Blog anda sudah ramai dikunjungi dan tidak pula melupakan kualitas Blog anda. Silahkan anda tawarkan Slot iklan di Blog anda. Syukur-syukur jika ada orang yang menawarkan ingin meng-iklan, itu lebih bagus.”

Nah, dengan demikian, saya ambil kesimpulan bahwa jangan pernah berpikir nge-Blog untuk menghasilkan. Tapi hasilkan Blog yang berkualitas untuk dapatkan pemasukan. Jadi nge-Blog jangan dibawa Ribet, jadi’in Hobi saja dulu...

[+] Nge-Blog Sebagai Hobi
Nah, ini yang saya suka. Seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya. Saya pernah menamakan ini “Hobi yang menghasilkan” (jika anda berhasil). Namun ada juga yang niat awalnya hanya Hobi, tapi karena sering berkumpul dengan komunitas-komunitas Blogger nya, sehingga membuatnya ber-ambisi untuk dapat penghasilan dari Blog. Wah, ini sudah melenceng dari niat awal.

[+] Nge-Blog Sebagai Pengisi Waktu Luang
Hampir semua orang punya waktu luang. Namun kita tidak tahu, waktu luang setiap orang itu seperti apa dan bagaimana cara dia mengisi waktu luang tersebut. Kalau saya sih jika sempat, saya nulis artikel untuk Blog saya ini. Saran dari saya, jika anda ingin nulis artikel, jangan lebih dari satu atau dua jam. Namun jika belum selesai, usahakan anda istirahat dulu, karena kita tidak boleh berlama-lama di depan layar. “Mengapa.?” Karena itu hanya akan membuat anda lelah, sehingga kerja anda (menulis artikel) tidak akan maksimal.

[+] Nge-Blog Sebagai Media Berbagi
Blog juga bisa dijadikan sebagai media untuk saling berbagi. Kita bisa berbagi tentang apa yang ingin kita bagikan. Tidak harus selalu membagikan apa yang orang lain suka. Dengan begitu, kita bisa enjoy mengerjakan apa yang kita kerjakan tanpa ada tekanan.

Biasanya tipe orang seperti ini tidak punya beban, karena orangnya jujur. Dia selalu senang dengan apa yang dia kerjakan. Dengan begitu, kita bisa contoh orang seperti ini, suka berbagi..

Komentar